April 15, 2024

Portal Berita Terkini, Informasi Terakurat dan Terpercaya

Informasi viral dan akurat dari portal berita terpercaya indonesia

Mengenal HP Digicoop Indonesia, Cara Mendapatkan Hp Digi Ini

Hp Digicoop Merupakan Hp Produk indonesia Yang asli buatan indonesia. Berikut Mengenal HP Digicoop Indonesia, Cara Mendapatkan Hp Digi Ini.

Peraturan TKDN perangkat 4G LTE memberi kesempatan industri ponsel lokal untuk lebih berkembang. Tak hanya industri yang memang berkecimpung di situ, tetapi kalangan pendidikan pun tertarik mencobanya Adalah Pusat Mikroelektronik (PME) Institut Teknologi Bandung (ITB) yang tertantang mengembangkan hp terbaru ponsel buatan dalam negeri. Maka, lahirlah merek Hp Digicoop yang merupakan singkatan dari Digital Cooperation.

Namun agar smartphone 4G LTE tersebut bisa diproduksi masal, PME ITB tidak sendirian. Mereka bekerjasama dengan Koperasi Digital Indonesia Mandiri, PT. Jalawave Integra, PT VS Technology Indonesia, dan PT TSM. Produksi smartphone ini akan dilakukan di Cikarang, Jawa Barat. Rencananya smartphone Hp Digicoop akan diproduksi 5 ribu unit per bulan. Berdasarkan siaran pers dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Produk ini dikembangkan oleh ITB melalui skema pendanaan inovasi perguruan tinggi di industri, Kemenristekdikti pada tahun 2016 memberikan pendanaan kepada Institut Teknologi Bandung untuk mengembangkan dan menghilirisasikan produk smartphone 4G.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, mengatakan riset-riset yang dihasilkan anak bangsa jangan sampai hanya berhenti di perspustakaan, tetapi harus dikomersialisasikan sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat.

“Saya merasa bangga betul. Semoga produk ini bisa mengambil pasar, network harus kita bangun. Mudah-mudahan produk ini bisa kompetitif, punya nilai tambah, dan menjadi kebanggaan, ” ujarnya saat kunjungan kerja ke PT. VS Technology Indonesia (11/1/2017).

Nasir menyebutkan angka pengguna smartphone di Indonesia kini mencapai sekitar 25% dari total penduduk atau sekitar 65 juta orang. Sehingga Ia menilai jumlah tersebut merupakan market potensial dari produk ini.

Dari TKDN 20% Menuju 30%

Mengenal HP Digicoop Indonesia, Cara Mendapatkan Hp Digi Ini

Model smartphone ini pun telah mendapatkan sertifikasi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) sebesar 20,2% pada akhir 2016. Di sisi lain, pemerintah telah menetapkan bahwa seluruh vendor smartphone 4G LTE harus memenuhi kewajiban 30% TKDN mulai 1 Januari 2017 sebagai syarat berjualan di Indonesia. Kebijakan tersebut harus dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya industri smartphone di Indonesia khususnya terkait dengan pengembangan hardware dan software.

Untuk meningkatkan nilai TKDN tersebut, keberadaan dari design house atau design center menjadi sangat diperlukan. Melalui design center yang dikembangkan di ITB, diharapkan  banyak industri smartphone yang saat ini kegiatan R&D nya ada diluar negeri, dapat dipindahkan ke dalam negeri, terutama untuk dapat memenuhi kewajiban 30% TKDN tersebut.

Kemenristekdikti akan terus mendukung riset dan pengembangan smartphone serta pembangunan Design Center di ITB atau diperguruan tinggi atau lembaga litbang lainnya untuk meningkatkan TKDN.

Berikut Spesifikasi Hp Digicoop Indonesia

Berikut Spesifikasi Hp Digicoop Indonesia

Ponsel pintar ini diproduksi atas kerjasama dari berbagai pihak yaitu antara Koperasi Digital Indonesia Mandiri (KDIM) dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), PT. Jalawave Integra, PT. VS Technology Indonesia dan PT TSM.

Hp Digicoop ini memiliki

  • Ukuran layar HD IPS 4,7 inch dengan Resolusi 480×854 px, Scratch Resistance Glass.
  • Prosesor Spreadtrum quad core 1,5 GHz.
  • RAM 1 GB LPDDR3.
  • Memori internal 8 GB, mendukung ekspansi memori sampai 32 GB.
  • Kamera depan 2 MP dan belakang 5 MP (Autofokus, LED Flash, Video Full HD 1080p, 30fps).
  • Kapasitas baterai lithium-ion polymer sebesar 1.800-2000 mAh.
  • Dual micro-SIM yang telah mendukung koneksi 4G, dual standby.
  • Mendukung jaringan 4G FDD-lTE & TDD-LTE, 3G WCDMA, 2G GSM.
  • WIFI wi-fi 802.11, Bluetooth, GPS, FM Radio.
  • OS Android 6 Marsmallow, ID3OS launcher.

Jika Anda berminat, maka berikut ini adalah:

Persyaratan Mendapatkan Hp Digicoop

Persyaratan Mendapatkan Hp Digicoop

Bagaimana cara mendapatkannya? Sayangnya, menurut Ketua Umum Koperasi Digital Indonesia Mandiri Henri Kasyfi, Hp Digicoop untuk sementara tidak dikomersialkan secara luas, hanya diperuntukan bagi setiap anggota koperasi saja. Hp ini kebanyakan dipakai oleh laki-laki maka hp ini disebut hp cowok

“Korporasi lain bisa melakukan investasi tapi tidak memiliki hak suara. Jadi benar-benar berbasis kerakyatan dimana anggotanya adalah WNI. Hanya dengan menabung di koperasi para anggota akan mendapatkan ponsel pintar buatan anak bangsa. Dan setiap dua tahun sekali ponsel tersebut akan diganti dengan tipe terbaru,” jelasnya. Pihaknya menegaskan model bisnis tersebut diharapkan menjadi model nasional yang dapat menegakkan teknologi digital yang mandiri.

Ponsel pintar ini akan Anda dapatkan jika Anda sudah terdaftar sebagai anggota Koperasi Digital Indonesia Mandiri (KDIM). Keanggotaan Koperasi ini bersifat terbuka untuk perorangan sehingga setiap orang bisa bergabung di dalamnya.Adapun Simpanan Pokok Anggota jumlahnya adalah sebesar Rp 100.000 hanya dibayarkan sekali, sementara itu simpanan wajib per tahun sebesar Rp1.200.000.