April 15, 2024

Portal Berita Terkini, Informasi Terakurat dan Terpercaya

Informasi viral dan akurat dari portal berita terpercaya indonesia

sistem pembayaran online

Mengenal Sistem Pembayaran Online Masa Kini Tahun 2023

Sistem Pembayaran Online Masa Kini – Perkembangan teknologi semakin kesini sudah semakin canggih dari mulai perangkat elektronik hingga layanan virtual di Internet, sehingga semakin memudahkan banyak orang dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Mungkin tidak ada yang pernah menyangka jika saat ini kita bisa melakukan berbagai aktivitas yang sebelumnya membutuhkan usaha lebih namun bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Salah satu kebutuhan yang semakin mudah adalah melakukan berbagai macam pembayaran secara online.

Dalam melakukan pembayaran ketika melakukan transaksi sudah pasti akan terjadi yang namanya sistem “Barter” ketika di jaman dulu sekali yang namanya transaksi pembayaran dilakukan dengan menukarkan barang dengan barang. Namun dengan munculnya sistem mata uang maka segala aktivitas “Barter” dilakukan dengan menukarkan barang dengan uang atau sebaliknya.

Tapi terkadang jika membeli suatu barang dengan harga yang sangat mahal akan sangat merepotkan jika membawa uang dalam jumlah banyak untuk membeli barang yang diinginkan. Maka muncullah cek atau kwitansi yang merupakan tanda pembelian dengan nominal jumlah uang yang sudah disertakan, nantinya cek atau kwitansi tersebut bisa di tukarkan di bank tertentu untuk menjadi uang dengan nominal yang dituliskan.

Mengenal Sistem Pembayaran Online Masa Kini

Namun dengan cara pembayaran seperti itu terkadang sangat merepotkan karena harus menulis nominal jumlah uang dengan tepat dan juga tanda tangan dari pembelinya harus benar. Karena itulah ketika Internet semakin berkembang luas dan dunia teknologi juga semakin canggih, maka muncullah banyak sekali Sistem Pembayaran Online Masa Kini.

Dimana pertama kali muncul cara membayarnya lebih mudah dan aman, yang pertama diharuskan oleh penggunanya hanya cukup untuk memiliki kartu ATM dari Bank tertentu dan bisa mentransfer uang secara digital tanpa harus membawa jumlah uang yang dibutuhkan.

Sehingga bisa melakukan transaksi jarak jauh tanpa harus bertemu dahulu dengan penjual yang berada di kota lain. Biasanya penggunaan layanan pembayaran online ini digunakan oleh para pengguna yang membeli barang di Market Place Online.

Walaupun ada cara yang mudah seperti itu, bagi yang tidak memiliki ATM memang masih harus membawa uang dengan jumlah yang diharuskan ke Bank tertentu untuk melakukan pembayaran secara online. Tapi dengan cara membayar seperti itu maka akan lebih aman karena setiap uang yang kita gunakan untuk pembayaran online akan di simpan di Bank terlebih dahulu.

Mengenal Sistem Pembayaran Online Masa Kini

Sistem Pembayaran Online pada masa sebelum-sebelumnya memang sangat membantu dan terlihat mudah lalu, Bagaimana di masa sekarang ini? Jika kita membandingkan mungkin 10 tahun yang lalu, pada masa sekarang ini sistem pembayaran online merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang.

Karena sudah pastinya sangat jarang ditemukan para anak muda dan orang tua yang tidak memiliki Smartphone. Dan dengan menggunakan smartphone inilah kita bisa melakukan segala jenis pembayaran online dengan mudah dan lebih cepat, apalagi sekarang-sekarang ini sudah banyak sekali muncul Dompet Digital yang memudahkan kita untuk menyimpan uang tanpa harus lagi mengantongi jumlah uang yang diperlukan.

Dengan adanya sistem pembayaran secara online ini juga membuat banyak sekali usaha-usaha Bisnis Online baru yang bermunculan karena akan semakin mudah untuk para konsumennya yang ingin membeli barang yang diinginkan dan langsung membayarnya.

Jika tidak ada sistem pembayaran online ini maka akan jarang sekali ditemukan market place dan para pengusaha Bisnis Online, karena nantinya kita harus menggunakan pembayaran secara offline atau bertemu terlebih dahulu kepada penjualnya. Memang terlihat merepotkan tapi masih banyak yang menggunakan metode ini karena mungkin ingin lebih tau tentang barang yang dibelinya.

Nah, oleh sebab itulah pilihan sistem pembayaran online ini semakin banyak di lirik di sukai banyak orang karena tidak hanya mudah untuk di gunakan tapi juga di sudah di jamin aman. Apalagi sekarang sistem pembayaran online sudah masuk ke tahap berikutnya dan di sering dibutuhkan oleh beberapa orang termasuk para pengusaha Bisnis Online.

Sistem Pembayaran Online Yang Sering Digunakan

Karena setidaknya ada empat cara pembayaran online yang saat ini sangat disukai oleh masyarakat terutama di Indonesia ini. Berikut Ulasannya :

Sistem Payment Gateway

Pembayaran online yang satu ini dengan menggunakan Sistem Payment Gateway pada dasarnya sering kali digunakan oleh para pihak perbankan, perusahaan besar, atau merchant. Penggunaan sistem pembayaran ini pertama kali diperkenalkan dan di terapkan pada tahun 2017.

Penggunaan sistem payment gateway banyak dipilih karena memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan lebih efisien. Sudah banyak lembaga perbankan yang menggunakan sistem pembayaran ini seperti BRI, BCA, Bank Mandiri, dan BNI. Tapi penggunaan sistem ini diawasi oleh bank sentral atau disebut juga Bank Indonesia agar segala macam bentuk transaksi yang menggunakan sistem ini bisa berjalan dengan aturan yang berlaku.

sistem pembayaran online

Kerjasama Dengan Minimarket

Sebelumnya Minimarket adalah tempat untuk berbelanja segala macam kebutuhan yang kita inginkan, karena di Minimarket tersedia berbagai macam barang yang kita bisa beli secara satuan atau eceran. Tapi sekarang ini Minimarket tidak hanya sebagai tempat berbelanja namun juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran online untuk e-commerce atau layanan lainnya.

Cara menggunakannya yang mudah memang banyak sekali digunakan oleh masyarakat yang pada umumnya adalah orang tua, karena hanya membawa bukti kwitansi atau kode pembayaran dan menyerahkannya kepada kasir minimarket yang bertugas. Setelah itu hanya cukup memberikan jumlah uang yang dibutuhkan dan pembayaran pun selesai.

Namun harus dicatat tidak semua minimarket support untuk melakukan pembayaran e-commerce atau layanan lainnya, jadi sebelum ingin menggunakan sistem pembayaran online maka tidak ada salahnya menanyakan terlebih dahulu.

Penggunaan Dompet Elektronik

Sistem pembayaran online lainnya dan sedang menjadi tren dan selalu menjadi rekomendasi para pecinta belanja online adalah Dompet Elektronik. Pembayaran dengan metode ini memang masih jarang digunakan dan tidak banyak yang baru, karena penggunaan dompet elektronik membutuhkan 2 buah aplikasi yang harus digunakan yaitu M-Banking dan App Dompet Digital.

Namun jika sudah terbiasa menggunakan Dompet Elektronik maka segala macam pembayaran akan lebih mudah dan bisa dilakukan dengan cepat, apalagi kita tidak perlu lagi membawa dompet konvensional untuk melakukan transaksi yang diharuskan.

Tapi harus diingat jika menggunakan Dompet Elektronik tidak bisa di gunakan di semua tempat apalagi di warung sederhana. Jadi mungkin kedepannya penggunaan Dompet Elektronik bisa lebih baik dan dapat digunakan dengan lebih mudah.

Fitur QR Code

Selain tiga cara pembayaran online sebelumnya masih ada satu cara lagi yang sering dipakai untuk melakukan transaksi secara mobile yaitu dengan menggunakan Fitur QR Code atau biasa disebut dengan Quick Response Code adalah kemajuan dari sistem Barcode pada umumnya.

Kode seperti ini biasanya ditemukan di kode elektronik, kartu nama, hingga pembayaran yang menggunakan software komunikasi online. Kelebihan QR Code dari Barcode adalah bisa membaca simbol selain angka dan huruf, lalu kapasitasnya juga lebih banyak hingga ratusan kali dari barcode.

Dan jika barcode biasanya hanya bisa digunakan secara horizontal saja maka di QR Code ini dapat digunakan secara vertikal maupun horizontal. Oleh sebab itulah banyak sekali yang menggunakan Fitur QR Code ini untuk melakukan pembayaran online karena tinggal cukup mencarinya menggunakan kamera di smartphone maka pembayaran dapat terlaksana.