April 15, 2024

Portal Berita Terkini, Informasi Terakurat dan Terpercaya

Informasi viral dan akurat dari portal berita terpercaya indonesia

clash of clans

Clash of Clans – Game Strategi Jadul Yang Sangat Menarik 2023

Komikuindo – Clash of Clans atau biasa dikenal dengan CoC merupakan sebuah game strategi online yang membuat kita berpikir bagaimana cara mengalahkan tembok pertahanan pemain musuh. Dengan mempersiapkan berbagai macam prajurit, mulai dari kategori manusia hingga monster, kita bisa memilih sesuai keinginan kita.

Yap, game online yang dikembangkan oleh Supercell ini sudah cukup lama dan masih bisa dimainkan oleh siapa saja dalam jangka waktu yang lama. Dirilis pertama kali untuk iOS pada tanggal 2 Agustus 2012 dan untuk Android pada tanggal 7 Oktober 2013, game ini merupakan game online jadul untuk ukuran tanggal rilisnya.

Namun walaupun begitu masih banyak sekali pemain setianya yang masih memainkan game ini secara online karena walaupun sudah sangat lawas namun grafis dan gameplaynya tetap menarik dan menyenangkan. Karena itulah pada saat pertama kali dirilis, Clash of Clans menjadi game yang populer pada masanya.

coc 2023

Clash of Clans – Game Strategi Jadul Yang Sangat Menarik

Sekilas tentang gameplay Clash of Clans sebenarnya sangat sederhana dan tidak memakan banyak waktu, namun jika ingin lebih kompetitif dalam Player vs Player, kamu harus bisa memberikan waktu dan tenaga yang lebih untuk menjadi kuat. tentara.

Pertama kali kamu memainkannya, hal pertama yang kamu lakukan adalah membangun TH atau Town Hall yang merupakan pusat kotamu. Semakin besar Town Hall maka semakin banyak pula fitur yang bisa digunakan, namun untuk menaikkan level Town Hall membutuhkan resource yang cukup besar sehingga harus bersabar dan rajin mengumpulkan resource.

Nah, selain Town Hall, masih ada beberapa bangunan lain yang dikategorikan seperti Gedung Fasilitas Angkatan Darat, Gedung Sumber Daya, dan Gedung Pertahanan. Kita bisa membuat bangunan ini berdasarkan level Town Hall kita. Selain bangunan tersebut juga terdapat tembok yang bisa kita bangun dan tata sesuai keinginan kita, dengan memikirkan bagaimana caranya agar musuh tidak dapat menembus pertahanan.

Ulasan Game Clash of Clans

Oke, untuk bangunan-bangunan yang ada di game Clash of Clans akan kami jelaskan satu per satu mulai dari Fasilitas Angkatan Darat. Merupakan bangunan yang terdiri dari beberapa jenis bangunan lain seperti Barak, Kamp Tentara, dan Altar Pahlawan.

Barak adalah tempat Anda merekrut berbagai macam pasukan yang digunakan untuk menyerang pertahanan musuh. Cara merekrut pasukan di barak ini tergantung dari jenis pasukan yang ingin digunakan, semakin kuat pasukan maka semakin lama waktu bagi pasukan tersebut untuk siap memasuki armada pertempuran.

Untuk bangunan seperti Barracks, dibagi berdasarkan pasukan yang bisa direkrut seperti:

  • Pasukan Barak – Barbar, Pemanah, Goblin, Raksasa, Penghancur Tembok (kerangka yang membawa bom), Balon (Pemecah Tembok di balon udara yang menjatuhkan bom), Penyihir, Naga, Penyembuh, PEKKA, Bayi Naga, Penambang, dan Naga Elektro.
  • Pasukan Barak Hitam – Minion (yang menyerupai imp terbang), Penunggang Babi, Valkyrie (mitologi), Golem, Penyihir, Anjing Lava, Bowler, Golem Es, dan Pemburu.
  • Pasukan Acara Khusus – Ice Wizard, Battle Ram, Pumpkin Barbarian, Giant Skeleton, Skeleton Barrel, dan El Primo. Pasukan ini akan hadir pada saat tangal atau perayaan penting dunia dan karakternya dibuat sendiri oleh pihak Clash of Clan.
  • Pasukan Desa Pangkalan Pembangun – Orang Barbar yang Mengamuk, Pemanah Licik, Raksasa Petinju, Minion Beta, Pengebom, Naga Bayi, Kereta Meriam, Penyihir Malam, Kapal Drop, dan Super PEKKA. Pasukan di desa basis mason tidak dapat digunakan di desa biasa, begitu pula sebaliknya.
  • Pahlawan – Terdiri dari Raja Barbar, Ratu Pemanah, Pengawas Agung, Juara Kerajaan. Pahlawan itu abadi dan hanya dilatih sekali. Mereka dipanggil oleh altar, bukan dilatih di barak seperti prajurit lainnya.
  • Mesin Pengepungan – Penghancur Dinding, Battle Blimp, dan Stone Slammer. Mesin Pengepungan membawa pasukan di dalam kastil klan dan bergerak menuju Balai Kota musuh.

Dengan berbagai jenis pasukan yang bisa kalian gunakan dan dengan tugas yang berbeda-beda tentunya akan sangat berguna untuk mengalahkan lawan. Namun harus diingat, setiap pasukan ini juga mempunyai cost atau harga yang berbeda-beda ketika ingin melawan musuh. Jadi harus dipikirkan matang-matang sebelum mulai menyerang.

Kamp Tentara adalah bangunan tempat Anda melatih pasukan dari Barak sebelum menggunakannya untuk menyerang kota lawan. Disinilah anda harus menentukan berapa banyak pasukan yang ingin anda gunakan, karena selain total pasukannya sangat terbatas, sumber daya yang digunakan juga sangat terbatas.

Dan yang terakhir adalah Hero Altar yang merupakan bangunan khusus untuk memunculkan pasukan khusus yaitu Hero untuk membantu pertahanan kita. Kekuatan pasukan khusus ini sangat istimewa dan sulit dikalahkan, sehingga membutuhkan usaha yang lebih keras untuk mengalahkannya.

Di dalam game Clash of Clans terdapat 3 resource yang berbeda yaitu Gold, Elixir, dan Dark Elixir. Masing-masing sumber daya tersebut memiliki kebutuhannya masing-masing, mulai dari merekrut pasukan hingga membangun gedung baru. Kecuali Dark Elixir yang hanya bisa digunakan untuk merekrut pasukan khusus atau sangat kuat.

coc 2023

Ulasan Clash of Clans Game Strategi Jadul Online

Berbicara mengenai bangunan pada artikel sebelumnya kita telah membahas Barrack, Army Camp, dan Hero Altar. Nah kali ini kita akan membahas sisa bangunan lainnya. Dimulai dari Resource Building yang terdiri dari:

Resource Building, yaitu pembangunan yang konsisten ding hanya menghasilkan Emas, Elixir, dan Dark Elixir. Bangunan ini bisa kita bangun sesuai dengan batasan Town Hall, dan kita juga bisa mengupgrade atau menaikkan level bangunan tersebut agar kita bisa mendapatkan lebih banyak sumber daya.

Builder, yaitu bangunan dalam Clash of Clans yang berisi pasukan khusus untuk membangun gedung atau merenovasi bangunan untuk meningkatkan levelnya.

Bangunan khusus untuk meningkatkan sumber daya ini sangat penting tidak hanya untuk merekrut pasukan tetapi juga untuk membuat pertahanan kita kuat. Jadi tidak hanya harus sangat kuat tetapi juga harus mampu mengelola sumber daya yang ada dengan sebaik-baiknya.

Oke setelah kita membahas bangunan untuk mendapatkan resource selanjutnya adalah bangunan yang dikhususkan untuk pertahanan di game Clash of Clans. Beberapa bangunan ini selain penting juga sangat krusial untuk membuat musuh kita takut sebelum hendak menyerang.

Beberapa bangunan pertahanan pada game Clash of Clans biasanya terdiri dari:

  • Meriam – Meriam merupakan pertahanan pertama yang ditujukan untuk mengalahkan tentara atau pasukan yang berada di darat.
  • Archer Tower – Salah satu pertahanan yang dapat menyerang pasukan darat maupun udara dengan area serangan yang cukup jauh.
  • Mortar – Hanya menyerang pasukan darat dan memiliki reload atau serangan yang lambat, namun memiliki damage atau kekuatan yang cukup kuat.
  • Pertahanan Udara – Hanya menyerang pasukan yang berada di udara namun memiliki kekuatan serangan yang cukup kuat.
  • Wizard Tower – Dapat menyerang pasukan yang berada di udara atau di darat dengan jarak yang cukup jauh, namun dengan area yang sangat sempit.
  • Air Sweeper – Bangunan pertahanan yang hanya meniupkan angin untuk mencegah serangan udara datang dengan cepat.
  • Hidden Tesla – Struktur pertahanan yang tidak dapat dilihat tetapi dapat muncul secara tiba-tiba jika diserang.
  • Bomb Tower – Menyerang pasukan di darat dengan serangan yang cukup kuat, dengan keuntungan akan meledak sendiri jika dihancurkan.
  • X-bow – Salah satu pasukan yang serangannya menggunakan panah dengan tenaga listrik dan jangkauan yang luas, namun hanya dapat diatur dalam mode tertentu.
  • Menara Inferno – Sebuah bangunan yang menyerang dengan pilar api yang kuat, tetapi hanya menyerang satu sasaran sampai pasukannya dikalahkan.
  • Artileri Elang – Memiliki jarak yang jauh hingga tak terhingga, namun hanya aktif jika ada musuh yang dapat membuatnya berlipat ganda.
  • Trap – Trap atau Jebakan merupakan salah satu senjata mematikan yang hanya muncul ketika pasukan musuh mengaktifkannya, biasanya trap terdiri dari : Bom, Spring Trap, Giant Bomb, Air Bomb, Search Air Mine, Skeleton Trap, dan Tornado Traps.

Nah itulah beberapa bangunan pertahanan di game Clash of Clans yang bisa kamu buat dengan menggunakan sumber daya yang ada. Game ini bisa anda download lewat play store ataupun App store. Namun harus diingat untuk memikirkannya sebelum membangun pertahanan karena akan sangat penting untuk melindungi sumber daya Anda.